Ilmu Musthalah Hadits bag-19

Jalan Menerima Hadits dan Bentuk Penyampaiannya
Tadribur-Rawi halaman 236; Ulumul-Hadits halaman 118; Nudhatun-Nadhar halaman 76; dan Taisir Musthalah Al-Hadits halaman 158

Yang dimaksud dengan “jalan menerima hadits” (thuruq at-tahammul طرق التحمل ) adalah cara-cara menerima hadits dan mengambilnya dari Syaikh.

Dan yang dimaksud dengan “bentuk penyampaian” (sighatul-ada’ صغةُ الأداء) adalah lafadh-lafadh yang digunakan oleh ahli hadits dalam meriwayatkan hadits dan menyampaikannya kepada muridnya, misalnya dengan kata : sami’tu ( سَمِعْتُ) “Aku telah mendengar”; haddatsani ( حَدَّثَنِي) “telah bercerita kepadaku”; dan yang semisal dengannya.

Dalam menerim hadits tidak disyaratkan seorang harus muslim dan baligh. Inilah pendapat yang benar. Namun ketika menyampaikannya, disyaratkan harus Islam dan baligh. Maka diterima riwayat seorang muslim yang baligh dari hadits yang diterimanya sebelum masuk Islam atau sebelum baligh, dengan syarat tamyiz atau dapat membedakan (yang haq dan yang bathil) sebelum baligh. Sebagian ulama memberikan batasan minimal berumur lima tahun. Namun yang benar adalah cukup batasan tamyiz atau dapat membedakan. Jika ia dapat memahami pembicaraan dan memberikan jawaban dan pendengaran yang benar, itulah tamyiz dan mumayyiz. Jika tidak, maka haditsnya ditolak.

Jalan untuk menerima hadits ada delapan, yaitu as-sama’ atau mendengar lafadh syaikh; al-qira’ah atau membaca kepada syaikh; al-ijazah, al-munawalah, al-kitabah, al-I’lam, al-washiyyah, dan al-wijadah. Berikut ini masing-masing penjelasannya berikut lafadh-lafadh penyampaian masing-masing :

1. As-Sama’ atau mendengar lafadh syaikh (guru).

Gambarannya : Seorang guru membaca dan murid mendengarkan; baik guru membaca dari hafalannya atau tulisannya, dan baik murid mendengar dan menulis apa yang didengarnya, atau mendengar saja, dan tidak menulis. Menurut jumhur ulama, as-sama’ ini merupakan bagian yang paling tinggi dalam pengambilan hadits.

Lafadh-lafadh penyampaian hadits dengan cara ini adalah aku telah mendengar dan telah menceritakan kepadaku. Jika perawinya banyak : kami telah mendengar dan telah menceritakan kepada kami. Ini menunjukkan bahwasannya dia mendengar dari sang syaikh bersama yang lain.

Adapun lafadh : telah berkata kepadaku atau telah menyebutkan kepadaku, lebih tepat untuk mendengarkan dalam mudzakarah pelajaran, bukan untuk mendengarkan hadits.

2. Al-Qira’ah atau membaca kepada syaikh. Para ahli hadits menyebutnya : Al-Ardl

Bentuknya : Seorang perawi membaca hadits kepada seorang syaikh, dan syaikh mendengarkan bacaannya untuk meneliti, baik perawi yang membaca atau orang lain yang membaca sedang syaikh mendengarkan, dan baik bacaan dari hafalan atau dari buku, atau baik syaikh mengikuti pembaca dari hafalannya atau memegang kitabnya sendiri atau memegang kitab orang lain yang tsiqah.

Mereka (para ulama) berselisih pendapat tentang membaca kepada syaikh; apakah dia setingkat dengan as-sama’, atau lebih rendah darinya? Yang benar adalah lebih rendah dari as-sama’.

Ketika menyampaikan hadits atau riwayat yang dibaca si perawi menggunakan lafadh-lafadh : aku telah membaca kepada fulan atau telah dibacakan kepadanya dan aku mendengar orang membaca dan ia menyetujuinya.

Lafadh as-sama’ berikutnya adalah yang terikat dengan lafadh qira’ah seperti : haddatsana qira’atan ‘alaih حدثنا قرائة عليه (ia menyampaikan kepada kami melalui bacaan orang kepadanya). Namun yang umum menurut ahli hadits adalah dengan menggunakan lafadh akhbarana ( أخبرنا) saja tanpa tambahan yang lain.

3. Al-Ijazah

Yaitu : Seorang Syaikh mengijinkan muridnya meriwayatkan hadits atau riwayat, baik dengan ucapan atau tulisan. Gambarannya : Seorang syaikh mengatakan kepada salah seorang muridnya : Aku ijinkan kepadamu untuk meriwayatkan dariku demikian. Di antara macam-macam ijazah adalah :

a. Syaikh mengijazahkan sesuatu yang tertentu kepada seorang yang tertentu. Misalnya dia berkata,”Aku ijazahkan kepadamu Shahih Bukhari”. Di antara jenis-jenis ijazah, inilah yang paling tinggi derajatnya.

b. Syaikh mengijazahkan orang yang tertentu dengan tanpa menentukan apa yang diijazahkannya. Seperti mengatakan,”Aku ijazahkan kepadamu untuk meriwayatkan semua riwayatku”.

c. Syaikh mengijazahkan kepada siapa saja (tanpa menentukan) dengan juga tidak menentukan apa yang diijazahkan, seperti mengatakan,”Aku ijazahkan semua riwayatku kepada semua orang pada jamanku”.

d. Syaikh mengijazahkan kepada orang yang tidak diketahui atau majhul. Seperti dia mengatakan,”Aku ijazahkan kepada Muhammad bin Khalid Ad-Dimasyqi”; sedangkan di situ terdapat sejumlah orang yang mempunyai nama seperti itu.

e. Syaikh memberikan ijazah kepada orang yang tidak hadir demi mengikutkan mereka yang hadir dalam majelis. Umpamanya dia berkata,”Aku ijazahkan riwayat ini kepada si fulan dan keturunannya”.

Bentuk pertama (a) dari beberapa bentuk di atas adalah diperbolehkan menurut jumhur ulama, dan ditetapkan sebagai sesuatu yang diamalkan. Dan inilah pendapat yang benar. Sedangkan bentuk-bentuk yang lain, terjadi banyak perselisihan di antara para ulama. Ada yang bathil lagi tidak berguna.

Lafadh-lafdh yang dipakai dalam menyampaikan riwayat yang diterima dengan jalur ijazah adalah ajaza li fulan أجاز لفلان (beliau telah memberikan ijazah kepada si fulan), haddatsana ijaazatan حدثنا إجازة, [/I]akhbarana ijaazatan[/I] – أخبرنا إجازة, dan anba-ana ijaazatan أنبأنا إجازة (beliau telah memberitahukan kepada kami secara ijazah).

4. Al-Munaawalah atau menyerahkan.

Al-Munawalah ada dua macam :

a. Al-Munawalah yang disertai dengan ijazah. Ini tingkatannya paling tinggi di antara macam-macam ijazah secara muthlaq. Seperti jika seorang syaikh memberikan kitabnya kepada sang murid, lalu mengatakan kepadannya,”Ini riwayatku dari si fulan, maka riwayatkanlah dariku”. Kemudian buku tersebut dibiarkan bersamanya untuk dimiliki atau dipinjamkan untuk disalin. Maka diperbolehkan meriwayatkan dengan seperti ini, dan tingkatannya lebih rendah daripada as-sama’ dan al-qira’ah.

b. Al-Munawalah yang tidak diiringi ijazah. Seperti jika seorang syaikh memberikan kitabnya kepada sang murid dengan hanya mengatakan : ”Ini adalah riwayatku”. Yang seperti ini tidak boleh diriwayatkan berdasarkan pendapat yang shahih.

Lafadh-lafadh yang dipakai dalam menyampaikan hadits atau riwayat yang diterima dengan jalan munawalah ini adalah jika si perawi berkata : nawalanii wa ajazanii ( نولني وأجازني ), atau haddatsanaa munawalatan wa ijazatan ( حدثنا مناولة وإجازة ), atau akhbarana munawalatan ( أخبرنا مناولة).

5. Al-Kitabah

Yaitu : Seorang syaikh menulis sendiri atau dia menyuruh orang lain menulis riwayatnya kepada orang yang hadirs di tempatnya atau yang tidak hadir di situ. Kitabah ada 2 macam :

a. Kitabah yang disertai dengan ijazah, seperti perkataan syaikh,”Aku ijazahkan kepadamu apa yang aku tulis untukmu”, atau yang semisal dengannya. Dan riwayat dengan cara ini adalah shahih karena kedudukannya sama kuat dengan munaawalah yang disertai ijazah.

b. Kitabah yang tidak disertai dengan ijazah, seperti syaikh menulis sebagian hadits untuk muridnya dan dikirimkan tulisan itu kepadanya, tapi tidak diperbolehkan untuk meriwayatkannya. Di sini terdapat perselisihan hukum meriwayatkannya. Sebagian tidak memperbolehkan, dan sebagian yang lain memperbolehkannya jika diketahui bahwa tulisan tersebut adalah karya syaikh itu sendiri.

6. Al-I’lam (memberitahu)

Yaitu : Seorang syaikh memberitahu seorang muridnya bahwa hadits ini atau kitab ini adalah riwayatnya dari si fulan, dengan tidak disertakan ijin untuk meriwayatkan daripadanya.

Para ulama berbeda pendapat tentang hukum meriwayatkan dengan cara al-I’lam. Sebagian membolehkan dan sebagian yang lain tidak membolehkannya.

Ketika menyampaikan riwayat dengan cara ini, si perawi berkata : A’lamanii syaikhi أعلمني شيخي (guruku telah memberitahu kepadaku).

. Al-Washiyyah (mewasiati)

Yaitu : Seorang syaikh mewasiatkan di saat mendekati ajalnya atau dalam perjalanan, sebuah kitab yang ia wasiatkan kepada sang perawi.

Riwayat yang seorang terima dengan jalan wasiat ini boleh dipakai menurut sebagian ulama, namun yang benar adalah tidak boleh dipakai.

Ketika menyampaikan riwayat dengan wasiat ini perawi mengatakan : Aushaa ilaya fulaanun bi kitaabin أوصى إلي فلان بكتاب (si fulan telah meqasiatkan kepadaku sebuah kitab), atau haddatsanii fulaanun washiyyatan حدثني فلان وصية (si fulan telah bercerita kepadaku dengan sebuah wasiat).

8. Al-Wijaadah (mendapat)

Yaitu : Seorang perawi mendapat hadits atau kitab dengan tulisan seorang syaikh dan ia mengenal syaikh itu, sedang hadots-haditsnya tidak pernah didengarkan ataupun ditulis oleh si perawi.

Wijadah ini termasuk hadits munqathi’, karena si perawi tidak menerima sendiri dari orang yang menulisnya.

Dalam menyampaikan hadits atau kitab yang didapati dengan jalan wijadah ini, si perawi berkata,”Wajadtu bi kaththi fulaanin” (aku mendapat buku ini dengan tulisan si fulan), atau ”qara’tu bi khththi fulaanin” (aku te;ah membaca buku ini dengan tulisan si fulan); kemudian menyebutkan sanad dan matannya.

4 Responses

  1. assalamualaikum…,mo nx btulkah metode pentakhrij-an di bawah ini :
    diriwayatkan didalam Sunan Al Kubra oleh Imam Baihaqi dan Riwayat Imam Nasa’i dan riwayat Abi Daud dgn Riwayat hasan dan riwayat yg shahih bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam melarang membunuh katak. kenapa? karewna cintanya katak kepada Khalilillah (Nabiyullah Ibrahim alaihissalam)
    z jg mo nx Derajat hadits ini apa???
    Syukran..,

    • Saya ambil dari http://markazassunnah.wordpress.com/2009/05/24/hukum-memakan-katak/

      Sebab penjelasannya sangat baik.

      Haditsnya:
      عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عُثْمَانَ أَنَّ طَبِيبًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ضِفْدَعٍ يَجْعَلُهَا فِي دَوَاءٍ فَنَهَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
      وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِهَا

      “Dari Abdurrahman bin Utsman radhiyallohu anhu bahwa seorang dokter bertanya kepada Nabi Muhammad shallallohu alaihi wa sallam tentang katak dijadikan obat maka Nabi Muhammad shallallohu alaihi wa sallam melarang untuk membunuh katak.”

      Hadits yang melarang membunuh katak diriwayatkan oleh Abu Daud (no. 3871 dan 5269), Nasaai (no. 4355) dan Daarimi (no. 1998)

      Imam Abu Daud telah meriwayatkan hadits ini dengan sanad sebagai berikut : Dari Abu Daud, dari Muhammad bin Katsir, dari Sufyan Ats Tsauri, dari Ibn Abi Dzi’b, dari Said bin Kholid, dari Said bin Musayyib, dari Abdurrahman bin Utsman

      Sanad hadits Abu Daud di atas semuanya perowi yang tsiqoh (terpercaya) kecuali Said bin Kholid, derajat beliau menurut Ibnu Hajar : shaduq (jujur). Dengan demikian sanad Abu Daud hasan namun Syaikh Albani menghukumnya sebagai hadits shohih, mungkin saja karena beliau melihat beberapa syawahid (pendukung) yang menguatkannya. Kesimpulannya hadits ini adalah hadits yang diterima dan pantas dijadikan hujjah.

      Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad hafizhahulloh –ketika menjelaskan hadits ini- beliau berkata, “Larangan membunuh katak menunjukkan haramnya dan tidak boleh dijadikan sebagai obat karena seandainya dibolehkan membunuhnya maka boleh saja digunakan untuk obat, karena kaidahnya adalah sesuatu yang boleh dibunuh dan digunakan maka boleh dijadikan sebagai obat dan sebaliknya sesuatu yang tidak boleh dibunuh maka tidak boleh dijadikan sebagai obat dan tidak boleh dimakan. Hal ini menunjukkan bahwa katak tidak boleh dimakan dan ini merupakan pengecualian dari hukum hewan yang hidup di laut. Maka katak tidak boleh dimakan karena Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam telah melarang membunuhnya karena seandainya boleh dimakan tentu beliau mengizinkan untuk mengambil manfaat darinya sebagai makanan dan obat akan tetapi ketika beliau melarangnya maka jelaslah bahwa katak tidak boleh dimakan dan tidak boleh dijadikan sebagai obat”

      Yaa akhi, kalau misalnya antum temukan hadits tersebut shahih, kenapa tanya derajatnya lagi? Rasululloh shallallahu’alaihi wa salam melarang membunuh katak, maka kita sebagai umatnya harus sami’na wa atho’na.

      Di dalam agama ini, kita hanya melihat acuannya, yaitu Al Qur’an dan As Sunnah. Kalau Al Qur’an dan As Sunnah sudah berbicara, maka kita ikuti, tanpa kita tanya kenapa. Kalau ada penjelasan dari rasululloh shallallahu’alaihi wa salam tentang perihal kenapa harus melakukan itu, maka itulah yang harus kita jadikan sandaran dan dasar utama melakukan sunnah. Tidak dengan “kenapa” pikiran kita sendiri.

      Kalau misalnya rasululloh shallallahu’alaihi wa salam tidak memberikan jawaban “kenapa”, maka kita tetap harus patuh. Sebagaimana kita disuruh sholat, zakat, puasa, para shahabat tidak pernah bertanya kenapa kalau memakai khuf dibasuh yang bagian atas, kenapa tidak bagian bawah yang jelas-jelas kotor. Demikian juga syari’at-syari’at yang lainnya.

      Wallahua’lam bishawab.

  2. bismillah….,Mohon maaf klo kata2 saya di atas krg jelas jd tidak dimengerti yg mengakibatnya jawaban Antum tidak nyambung sm pertanyaan saya..,saya sbnarx dah tau apa hukum memakan n membunuh katak beserta dalil-dalillnya yang saya dpt d internet tmasuk http://markazassunnah.wordpress.com/2009/05/24/hukum-memakan-katak/.., (milik Seorang Ikhwa Makassar yg aktif di WI)
    tp dr semua dalil yg z dpt hanya satu dalil hadits yg mbuat saya ragu akan keotentikannya apkh Derajat Hadits tersebut???? karna hanya terputus sampe disitu, hadits yang ini Akh:
    “bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam melarang membunuh katak. kenapa? karena cintanya katak kepada Khailullah (Nabiyullah Ibrahim alaihissalam)”
    dan Nukilan ini juga saya dapat di Facebook..,
    Mungkin saja Antum Tahu secara lengkap Matan Hadits yang saya sebut diatas beserta takhrij dari para Ulama..,
    trus Akh di atas dipakai Kata2 “Riwayat Hasan” apakah sama dgn kata2 “Derajat hadits ini Hasan” ataukah mana yag lebih tepat penggunaan Kalimat “Riwayat Hasan” ataukah Derajat Hadits ini Hasan” ???? he3X…mf klo prtanyaanx kelihatan bodoh karena saya sangat awam soal Ilmu Hadits..,
    trus benarkah susunan pentakhrij-an hadits di atas:
    “diriwayatkan didalam Sunan Al Kubra oleh Imam Baihaqi dan Riwayat Imam Nasa’i dan riwayat Abi Daud dgn Riwayat hasan dan riwayat yg shahih bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dst..
    Apakah tdk ganjil kedengarannya Akh : Riwayat Abi Daud dgn Riwayat Hasan dan Riwayat yang Shahih bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dst…,
    Riwayat Abi Daud Hasan trus Riwayat Rasulullah Shahih lho…gimana sih???mgkn susunan yg salah ya Akh???
    makanya saya tanya sama Antum
    “btulkah metode pentakhrij-an hadits di bawah ini (maksudnya Hadits yg saya Nukil diatas)…,
    Syukran Al Akh Al Habib Abu Aisyah Al Kediri mohon pencerahann

    • Pertama dan untuk seterusnya, jangan panggil saya Habib. Panggil saja dengan sebutan yang wajar. Saya bukan orang yang ma’shum. Justru saya ini orang yang banyak dosa dan masih perlu banyak belajar.

      Untuk Sunan Al Kubra saya masih cari-cari kitabnya. Setahu saya, yang namanya Hasan itu termasuk hadits shohih. Insya Allah akan saya cari matannya.

      Wallahua’lam bishawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: